Headline »

Penyebab tahun baru sebagai tahun yang penuh kebohongan

December 28, 2012 – 6:03 am | 410 views

Renungan khusus tahun baru bagi orang-orang yang ingin menjadi baru…
Hanya beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun yang baru, tahun yang lama 2012 akan menjadi tahun yang penuh kenangan.  Banyak perkara yang dapat di kenang, …

Read the full story »
Renungan Harian

Nikmati Renungan Harian disini, Meditasi dan doa serta bacaan alkitab harian

A r t i k e l

Kumpulan artikel-artikel rohani, berita, teologi, sejarah gereja dan budaya hidup

N u b u a t a n

Mengulas Peristiwa-peristiwa akhir zaman, mengupas kitab Daniel dan Wahyu

Marriage and Family

Seputar pernikahan, keluarga, mendidik anak dan orang muda, konsultasi keluarga

Healthy Life

Dapatkan artikel kesehatan dan gaya hidup sehat, pengobatan secara alami

Home » Isa Al Masih

APAKAH ARTI AL MASIH ITU?

Submitted by on October 9, 2011 – 11:43 amNo Comment | 305 views

Profesor DR. Bahtiar Surin dalam terjemahan Al Qurannya menjelaskan:  “Al Masih” yang bahasa Ibraninya “Masyito”, berarti “Raja Yang Diurapi”.

Drs. H. Hasbullah Bakry dalam buku Nabi Isa dalam Quran dan Muhammad dalam Alkitab menyatakan:  “Almasih adalah yang diurapi untuk menjadi raja”.

Sedikit penjelasan tentang arti Al Masih:

“Kebiasaan / tradisi kaum Bani Israel dalam mengangkat / melantik seseorang untuk menjadi pemimpin / raja itu harus diurapi dengan minyak.  Upacara pengurapan ini merupakan suatu simbolis bahwa umat Israel menantikan kedatangan Raja Penyelamat.

Raja-raja yang diurapi ini disebut dengan: “Masih” (Mesiah)  dengan tambahan “Al” merupakan Al Ma’rifat (penunjukan tertentu – pengkhususan), jadi hanya Isalah yang disebut Mesias, karena Nabi Isa itu langsung dilantik dan diurapi oleh Allah dengan urapan kuasa

Ruh Kudus pada waktu babtisan di sungai Yor    dan oleh Yahya Pem       babtis.

Dengan keterangan di   atas nyatalah bahwa       Nabi Isalah yang berhak sebagai Raja Penyelamat.  Allah memberikan sepenuhnya kepada Nabi Isa untuk menyelamatkan umat manusia.

Isa Al Masih diberi kuasa Ruh Kudus:

Quran Al Baqaroh 87 =  “Isa Al Masih diperkuat dengan kuasa Ruh Kudus”.

Quran Al Maidah 5:110 = “Hai Isa putra Maryam, ingatlah hikmatKu kepadamu dan ibumu di waktu Aku menguatkan kamu dengan Ruh Kudus”.

Quran An Nahl 16:102 =  “Katakanlah Ruh Kudus itu turun dari Tuhan mereka dengan benar untuk meneguhkan hati orang yang beriman dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang yang berserah diri”.

Menurut keterangan Quran ini Ruh Kudus datang dari Allah dengan aktifitasnya meneguhkan hati, memberikan hidayah, memberikan berita gembira.  Ruh kudus ini pula yang membentuk pekerjaan / karya Isa Al Masih, baik dalam rencana keselamatan ataupun dalam membimbing umat.  Quran tidak mengatakan / menjelaskan bahwa Ruh Kudus itu adalah Malaikat.

Allah, Isa Almasih dan Ruh Kudus

Dari keterangan ayat Quran jelaslah bahwa Allah (Allah Bapa), Isa Al Masih dan Ruh Kudus bekerjasama dalam rencana keselamatan.   Allah menyatakan kuasanya, menyatakan tabiatNya lewat Isa Al Masih sebagai Firman (Kalam Allah), Ruh Kudus membantu dalam membimbing umat.

Allah berkarya dalam rencana keselamatan yang diwujudkan di dalam Isa Al Masih dan Ruh Kudus itu mempertobatkan serta meneguhkan iman.  Allah, Firman dan Ruh Kudus itu adalah Allah Yang Maha Esa.

 

facebook comments:

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.